duniahitam

tentang hidup yang terkekang

Koleksi Action Figures di Meja Kerja, Untuk Apa?

with 7 comments

Apakah kegemaran terhadap benda-benda yang berhubungan dengan Star Wars selalu identik dengan ‘digital’? Pertanyaan ini dilontarkan oleh rekan sekantor saya, Mbak Misty, pertama karena saya cerita bahwa saya baru saja menambahkan beberapa action figures Star Wars di meja kerja saya, kedua karena Nanda juga punya beberapa figures Star Wars di ruangannya.

Just added some vintage Star Wars figures to my desktop collection.

Star Wars fetish & digital

Dikaitkan dengan pertanyaan Mbak Misty, agaknya konteks ‘digital’ di sini lebih ke arah para geek, anggota Digital team di kantor kami, yaitu Nanda, Deden, Arief, dan Yoshi. Apa hubungannya geek dan action figures? Coba lihat arti geek menurut Wikipedia:

The word geek is a slang term, noting individuals as “a peculiar or otherwise odd person, especially one who is perceived to be overly obsessed with one or more things including those of intellectuality, electronics, etc.”

Singkatnya, seseorang yang punya minat atau ketertarikan khusus yang agak-agak beda dari biasanya terhadap sesuatu, bisa berupa benda, atau hal-hal lainnya. Kurang lebih itu pengertian yang saya simpulkan.

Setelah dipikir-pikir sebentar, agaknya memang ada hubungan dengan status geek atau social geek yang kami sandang. Sifat pekerjaan yang mengharuskan kami bersentuhan dan bermain-main dengan dunia internet, all things digital and electronic, sangat dekat dengan segala sesuatu yang berbau robot dan action figures.

Di kantor kami, bukan hanya saya dan Nanda yang memboyong sebagian harta karun action figures ke kantor. Ada Dita, yang hobi mengumpulkan segala hal yang berhubungan dengan Wonder Woman, dan ada Mbak Titi yang tergila-gila dengan Superman. Dita dan Mbak Titi nggak geekgeek amat, jadi apa hubungannya antara action figures dan geek dong? Entahlah.

R2-D2 di meja Nanda

Superman di ruangan Mbak Titi

Wonder Woman di ruangan Dita

Karena tulisan ini dibuat di sela-sela lembur (sudah hampir jam 9 malam) dan orang-orang yang bersangkutan sudah pulang, saya nggak tahu alasan mereka menghias ruangannya dengan mainan-mainan tersebut. Buat saya, action figures yang bertebaran di meja kerja menimbulkan rasa nyaman, seolah-olah berada di ruang belajar di rumah sendiri. Setiap hari saya bisa menghabiskan 8 sampai 12 jam bekerja di kantor. Lebih baik membuat diri senyaman mungkin, bukan? Seperti yang ditulis Hanny, teman di kantor saya dulu, dalam tulisan menarik, “Menyikapi Pekerjaan Dengan Hati Senang.”

Selain itu action figures juga dapat memancing kreativitas dan imajinasi yang sangat penting saat harus menulis proposal dan rekomendasi untuk klien. Saat sedang bosan dan suntuk, action figures juga bisa buat bermain-main sejenak. Namanya juga mainan!

There’s a child inside all of us. Are you willing to let them out from time to time?

Old Jedi knights, anggota baru di meja kerja saya.

Penjahat dan jagoan bersatu melawan kegelapan oh ye!

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yaaaay! seruuuu! 🙂 go, go, action figures!!! (walaupun koleksi gue sih ga action figures, tapi cute figures – biar sesuai dengan kepribadian) hehehehe 😀

    hanny

    August 21, 2009 at 8:10 AM

    • seru ya? so, kalian jadi pasang poster-poster gak di ruang new media? biar nggak terlalu sepi dan dingin 🙂

      Waraney Rawung

      August 24, 2009 at 2:53 AM

  2. coment 328 luar biasa artikel anda sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga

    motivasi259.blogspot.com

    August 28, 2009 at 2:31 PM

  3. GODSIGMA FTW! Hehehe… *maaf komen gak penting; sekedar luapan rasa kangen ke robot masa kecil yang lama hilang*

    rangga

    September 24, 2009 at 4:05 AM

  4. woho..ada GODSIGMA..!!!!
    kebetulan saya juga kolektor action figure..kebanyakan dari Mc Farlane sih..salam kenal semua ya..

    dody

    October 14, 2009 at 1:11 AM

    • Cukup beruntung bisa dapetin God Sigma dalam kondisi lumayan bagus. McFarlane? Wah, keren-keren tuh pasti. Salam kenal juga, pak.

      Waraney Rawung

      December 2, 2009 at 10:31 AM


Leave a Reply

