duniahitam

tentang hidup yang terkekang

resiko jadi penerbit buku puisi dan berteman penyair narsis

with 2 comments

Akhirnya saat itu datang juga. Saat saya bisa menekan tombol save & publish di halaman multiply saya, serta menekan post di milis-milis, untuk tulisan yang sangat istimewa bagi saya.

Setelah sekian lama berupaya, kemarin siang dengan bangga saya bisa umumkan kepada publik bahwa irisPUSTAKA akan menerbitkan dan meluncurkan dua buku perdananya. Yang pertama karya Anya, ‘Kota Ini Kembang Api‘, dan yang kedua karya Mikael, ‘We Are Nowhere and It’s Wow‘.

Memang, baru sampai pada tahap mengumumkan. Jualan kecap dululah. Maklum, dulu kerja jadi humas.

Cukup panjang juga perjalanan irisPUSTAKA sebelum bisa sampai ke tahap ini. Saya ingat sekitar dua tahun lalu, tak lama setelah ramai-ramai peluncuran buku Antologi Puisi BungaMatahari mulai mereda, dan setelah rentetan wawancara dengan media dan acara-acara yang harus kami ikuti dan adakan selesai, suatu malam Anya dan Festi mengajak saya ketemu dan bicara.

Saya lupa tanggal berapa dan di kafe apa. Mungkin di Tornado Coffee Wolter Monginsidi, atau di Miko Coffee Sarinah Thamrin. Yang jelas, malam itu kedua perempuan ini menawarkan saya untuk bergabung dalam usaha penerbitan kecil-kecilan yang akan mereka buat.

Kelakuan saya yang cukup pelacur dan tak tahu malu saat mempromosikan Antologi BuMa (promosi yang sukses karena masuk Kompas dan beberapa media massa lainnya), rupanya dianggap mereka sebagai sesuatu yang dibutuhkan penerbit yang masih bayi ini. Jadilah saya didaulat sebagai pelaksana promosi dan social networking.

Kami pun mulai sering menghabiskan malam-malam begadang untuk memperjelas konsep penerbitan ini. Saya pun mendorong Anya untuk rajin menghadiri acara-acara sastra dan budaya yang diadakan di Jakarta. Lumayan buat networking dan menimba ilmu. Kadang-kadang dia kami temani, lebih sering lagi pergi sendiri.

Tak semua rencana berjalan lancar. Kesibukan kerja yang sering membuat saya terbuang ke pelosokpelosok negeri, ditambah dengan kegiatan Festi dan Anya yang juga padat, membuat jadwal kerja kami molor sampai berbulan-bulan, bahkan setahun lebih. Untung kami dapat bantuan dari Ade, yang rela diminta membantu proses editing saat segalanya sudah setengah jalan.

Sampai saat ini, selain Anya dan Mikael, irisPUSTAKA sedang menyiapkan buku-buku karya Olivia, Ulil, dan Edo.

Luka dan Rieke juga telah memberikan karya mereka kepada saya untuk dibaca. Moga-moga bisa diurus secepatnya.

Malam ini saya harus kirim email lagi ke panitia UWRF. Anya tadi menelepon dan bilang bahwa Mikael kurang suka dengan blurb tentang bukunya yang tercantum di jadwal acara UWRF. Katanya membuat dia terkesan seperti lulusan TUK! Hahaha. Bingung juga saya, harus bilang apa ke orang UWRF agar blurb itu diganti.

Mikael ingin supaya blurb untuk dia bunyinya seperti ini:

we are nowhere and it’s wow is mikael johani’s first poetry collection. it’s divided into three sections, home, home part deux, away, and we are nowhere and it’s wow. because he likes being coy. home is away, away is home, part deux is part un, nowhere is somewhere etc. includes such orientalist pesudo-political poems as away with wiji thukul I-VIII as well as apathetic occidentalist ones like esthétique du mall. i need ten more words for this short blurb. blurb.

Talk about nowhere. Totally wow.

Inilah resikonya membuat penerbitan dan berurusan dengan penyair narsis.  God help me.

Written by Waraney Rawung

September 19, 2008 at 11:23 AM

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ya yang sabar aja mas…

    itulah resiko yg mesti mas hadapi…
    bukankah lebih baik itu dianggap sebagai tantangan untuk menakhlukkan hati “seseorang” 🙂

    salam kenal,
    moga penerbit barunya sukses 🙂

    Treante

    March 29, 2009 at 1:02 PM

  2. @Treante tantangan banget! 🙂 thanks, doain penerbitannya lancar. salam kenal juga.

    duniahitam

    April 4, 2009 at 6:22 PM


Leave a Reply

